Home » » Apel Pembukaan Peserta Perkemahan Penerimaan Tamu Penegak [PPTP] Tahun 2024

Apel Pembukaan Peserta Perkemahan Penerimaan Tamu Penegak [PPTP] Tahun 2024

Posted by SMA Negeri 1 Bojonegoro on Jumat, 09 Agustus 2024

 


Apel Pembukaan 
Peserta Perkemahan Penerimaan Tamu Penegak [PPTP]

'Segenggam Harapan Sejuta Mimpi, Dari SMASA untuk Negeri'

Bojonegoro, Jumat (09/8/2024) - SMA Negeri 1 Bojonegoro sore hari ini telah melaksanakan kegiatan apel pembukaan Penerimaan Peserta Tamu Penegak [PPTP] tahun 2024. Penerimaan Peserta Tamu Penegak ini merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk bisa secara resmi bergabung menjadi anggota ambalan pramuka penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju pramuka penegak serta untuk lebih mengenalkan pramuka di SMAN 1 Bojonegoro Ambalan Ganapati Saraswati.

Apel pembukaan Penerimaan Peserta Tamu Penegak ini diikuti oleh peserta didik kelas X, wali kelas dan pembina pramuka. Adapun pelaksanaan kegiatan Penerimaan Peserta Tamu Penegak ini berlangsung selama 2 hari kedepan mulai hari jumat dan hari sabtu tanggal 09 - 10 Agustus 2024. 

Pembukaan kegiatan apel ditandai dengan penyematan tanda peserta tamu penegak yang dilakukan langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro beliau bapak Sumarmin, M.Pd.

Kegatan penerimaan peserta tamu penegak merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan di SMAN 1 Bojonegoro. Kegiatan ini sebagai wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian bagi peserta didik kelas X serta melatih kekompakan antar anggota pramuka.

Dalam kepramukaan penerimaan peserta tamu penegak ini ada sedikit perbedaan dengan di tahun sebelumnya yang mana di tahun sebelumnya kegiatan ini wajib diikuti bagi peserta didik kelas X, akan tetapi untuk tahun ini sekolah tidak mewajibkan mengingat aturan UU 12/2010 menyatakan bahwa gerakan pramuka bersifat mandiri, sukarela, dan nonpolitis. Sejalan dengan Permendikbudriste Nomor 12 Tahun 2024 menguatkan peraturan perundangan dalam menempatkan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan dan mengatur bahwa keikutsertaan murid dalam kegiatan ekstrakurikuler, termasuk Pramuka, bersifat sukarela. 

Sikap SMA Negeri 1 Bojonegoro taat terhadap aturan dan sekolah tetap menghimbau agar kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan tetap diikuti oleh peserta didik kelas X, dipandang kegiatan kepramukaan ini bersifat positif yaitu dapat menumbuhkan karakter baik peserta didik.

Dalam sambutanya, bapak Sumarmin, M.Pd selaku pembina apel di depan seluruh peserta Perkemahan Penerimaan Tamu Penegak  sedikit memberi penjelasan terkait materi kepemimpinan, yaitu beliau menjelaskan Thomas Stanley, seorang penulis dan peneliti terkenal, dikenal terutama melalui bukunya The Millionaire Next Door, yang membahas kebiasaan dan karakteristik orang-orang kaya. Meskipun dia tidak secara spesifik menulis tentang pemimpin sukses, banyak prinsip dari bukunya dapat diterapkan pada kepemimpinan. 

Berikut beberapa prinsip dari Stanley yang relevan untuk kepemimpinan sukses:
  1. Kedisiplinan: Stanley menekankan pentingnya disiplin. Untuk seorang pemimpin, ini berarti kemampuan untuk mengelola sumber daya dengan bijaksana dan tidak boros, serta memiliki rencana yang jelas untuk keberlanjutan dan pertumbuhan.
  2. Kerja Keras dan Ketekunan: Kesuksesan dalam kepemimpinan sering kali datang dari kerja keras dan ketekunan. Stanley mengidentifikasi bahwa banyak orang kaya yang sukses bekerja keras dan berfokus pada tujuan jangka panjang.
  3. Pendidikan dan Pengetahuan: Pemimpin yang sukses seringkali memiliki pengetahuan mendalam dalam bidang mereka. Stanley menekankan bahwa orang kaya biasanya memiliki latar belakang pendidikan yang solid dan terus-menerus belajar dan beradaptasi.
  4. Pengambilan Risiko yang Terukur: Sementara orang kaya seringkali mengambil risiko, mereka melakukannya dengan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Pemimpin sukses perlu membuat keputusan berisiko yang diperhitungkan dan berdasarkan data yang solid.
  5. Kepribadian dan Karakter: Stanley juga menekankan pentingnya karakter dan etika kerja. Pemimpin yang sukses biasanya memiliki integritas, kejujuran, dan nilai-nilai yang kuat, yang membangun kepercayaan dan memotivasi tim.






SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2024 SMA Negeri 1 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger